Waspadai Cuaca Ekstrim

japanan.desa.id – Hujan disertai angin kencang yang melanda Kecamatan Kemlagi dan sekitarnya tidak luput kena amuk angin juga wilayah Desa Japanan yang mengakibatkan pepohonan robah dan menimpah kabel listrik .Badan Metrologi dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah daerah di Jawa Timur (Jatim). Angin kencang yang sebelumnya memorak-porandakan beberapa kawasan masih berpotensi terjadi dalam sepekan ke depan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda Taufik Hermawan mengimbau agar dalam sepekan ke depan masyarakat perlu mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir. Ditambah lagi dengan angin kencang sesaat pada siang, sore atau malam hari.

“Angin puting beliung masih berpeluang terjadi sepekan ke depan di Jatim, ditambah hujan deras yang akan menyertainya,”
Dia memaparkan, kewaspadaan itu khususnya di wilayah Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Jombang, serta Situbondo.

Koordinator BMKG Jatim Nurhuda mengatakan, saat ini beberapa daerah di Jatim sudah mengalami musim hujan, di antaranya wilayah Malang Selatan dan sejumlah wilayah pegunungan lainnya.

“Saat musim hujan datang ada beberapa hal yang perlu diwaspadai, di antaranya angin kencang dan puting beliung. Sementara untuk wilayah pegunungan seperti tanah longsor atau juga banjir bandang,” ujarnya.

Dia meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai pergantian musim karena cenderung terjadi perubahan angin yang cukup kencang.

Print Friendly, PDF & Email