Desa Japanan merupakan salah satu Desa yang berada                                            wilayah Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto yang mayoritas Masyarakat bermata pertanian dengan karakter masyarakat sesuai adat timur yaitu sopan , beretika dan religius, jumlah penduduk yang terus bertambah dari tahun ke tahun sehingga merupakan daerah yang berpenduduk sangat padat dengan tingkat pendidikan yang bervariasi mulai tamat SD sampai dengan Perguruan Tinggi , tingkat  kesehatan masyarakat Desa Japanan cukup baik karena ditunjang dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai serta kesadaran masyarakat yang cukup tinggi tentang arti kesehatan. Jarak Desa Japanan ke ibu kota Kecamatan Kemlagi yang relatif dekat sehingga mempengaruhi pola dan tingkah laku masyarakat Desa. Desa Japanan terdiri dari 6 Dusun, yaitu Dusun Rembu Lor, Dusun Rembu Tengah, Dusun Rembu Kidul, Dusun Gondoruso, Dusun Japanan Kidul dan Dusun Japanan Lor yang mempunyai adat dan cerita yang berbeda – beda . 

  • Legenda / Asal – Usul Desa ;

Desa Japanan yang babat Desa pertama kali adalah  bernama ( Mbah Klowo Sojoyo ). Diceritrakan bahwa pada zaman dahulu bermula dari “ DHEKAN PRAJAN “ ( Pedukuhan Kerajaan ) yaitu suatu pedukuhan yang dibuat oleh Kerajaan ( Zaman Kerajaan Mojopahit ) di sebelah Timur sungai Prajan dan Sebelah Utara sungai Marmoyo sebagai tempat persinggahan/peristirahatan para petinggi kerajaan. Pedukuhan ini di pimpin oleh seorang demang yang bernama  “ KI ROGO “ ( KIDEMANG PROGO ) karena Pedukuhan ini sering di pakai musyawarah ( Rembugan ) oleh warga, maka oleh warga pedukuhan ini di sebut “ DUKUH REMBU KRAJAN “.

Seiring perjalan zaman, Dukuh Rembu Krajan ( Rembu Tengah ) menjadi sangat terkenal karena budaya Wayang Kulit dengan pesinden-pesindennya.

Pada suatu ketika wilayah pedukuhan Rembu Krajan dilanda Pageblug dan kekacauan, banyak warga ketakutan dan sakit, Kidemang Rogo berusaha untuk mencari penangkalnya namun belum juga mendapatkan hasil.Sehingga pada saatnya bertemulah Kidemang Rogo dengan seorang bernama “KLOWO SOJOYO” Klowo Sojoyo adalah seorang Pengembara yang sakti dan bersedia membantu Kidemang Rogo, Namun syaratnya dia minta diperbolehkan membuat rumah, Berkat jopo-jopo (Japan / Mantera / Do’a) dan Klowo Sojoyo akhirnya  pageblug di Pedukuhan Rembu Krajan hilang warga yang sakit jadi sembuh akhirnya warga menjadi tenang dan tentram seprti sedia kala.

Akhirnya atas jasa dan pertolongan dari KLOWO SOJOYO, Kidemang Rogo menginginkan untuk membuat rumah di pedukuhan di hutan jalin dan di berikan nama “ Pedukuhan Japanan ”.

Klowo Sojoyo akhirnya tinggal di Pedukuhan Japanan tersebut hingga akhir hayatnya. Jasadnya dimakamkan di pekarangan rumahnya sendiri dan sampai saat ini keberadaan makamnya masih ada di sebelah Langgar AL MUSTAQIM di Dusun Japanan Kidul.

Legenda ini di susun berdasarkan penuturan cerita dan para Sesepuh Desa dan sesepuh tetangga Desa Japanan.

  • Sejarah Pemerintahan Desa ;

           Desa  mempunyai sejarah kepemimpinan Desa yang dahulu seorang pemimpin desa disebut Lurah dan sekarang telah diganti nama dengan Kepala Desa sesuai dengan peraturan pemerintah, adapun sejarah kepemimpinan Desa  adalah sebagaimana tersebut dibawah ini :

NO. NAMA KEPALA DESA PERIODE
1 DRAKEMAN 1920 s/d 1932
2 CONDRO WISASTRO ( SAMPURI ) 1932 s/d 1960
3 SUTOKO 1960 s/d 1965
4 DARSONO 1965 s/d 1979
5 KADAR (Plt)          1979 s/d 1981
6 IKHWANUL MUSLIMIN 1981 s/d 1987
7 SYAFI’IL ANAM (Plt) 1987 s/d 1988
8 KHOLIQUN 1988 s/d 1998
9 IMAM SUDARWAN, SH 1999 s/d 2007
10 SENTOT SISUTOMO 2007 s/d 2013
11 HARIYANTO 2013 s/d 2019
12. MUHAMAD SLAMET RIYADI, SP (PJ) 2019 s/d 2020
  • Sejarah Pembangunan Desa :

Desa Japanan merupakan wilayah daerah dataran rendah dengan mayoritas Masyarakat bermata pencaharian pertanian. Posisi Desa Japanan berbatasan lansung sebelah Utara dengan Desa Mojokumpul Kecamatan Kemlagi, sebelah Timur Desa Sawo kecamatan Jetis, sebelah Selatan  Desa Jerukseger dan Desa Beratwetan Kecamatan Gedeg. Jarak dari Pusat Pemerintahan Desa ke Kecamatan ± 5 Km dan ke Kabupaten Mojokerto ± 10 Km. Pada zaman penjajahan sarana dan prasarana pada waktu itu masih kurang memadai.

Dari kurun waktu yang begitu lama pembangunan yang di bangun masing – masing Kepala Desa pada waktu menjabat mulai menunjukkan kemajuan. Adapun Pembangunan-pembangunan yang telah dihasilkan oleh Kepala Desa pada waktu menjabat antara lain sbb :

1 DRAKEMAN    
2 CONDRO WISASTRO  ( SAMPURI )    
3 SUTOKO    
4 DARSONO a. Pembuatan Balai Desa Japanan
    b. Pembangunan gedung SDN Japanan I,II, dan III
    c. Pembuatan Jalan Dusun Gondoruso
    d. Persertifikatan tanah gogol massal
    e. Pembuatan Batas Desa
    f. Pembuatan Gapura 6 Dusun
    g. Pembuatan jembatan Dusun Rembu Kidul
    h. Pembuatan Lumbung Padi
    i. Pengerasan Jalan
5 IKHWANUL MUSLIMIN a. Pembuatan Batas Desa
    b. Pembuatan Gapura Balai Desa
    c. Pembuatan Jembatan
    d. Pembuatan Poskampling 6 Dusun
    e. Persertifikatan tanah pekarangan massal
    f. Pembuatan Gedung TK Tunas Harapan
6 KHOLIQUN a. Pembuatan Jembatan
    b. Pengaspalan Jalan
    c. Program Listrik Masuk Desa
7 IMAM SUDARWAN, SH. a. Pengaspalan Jalan Dusun Rembu Kidul sampai dengan Dusun Rembu Lor
    b. Pembuatan Jembatan Dusun Rembu Kidul di Sungai Marmoyo
    c. Plesterisasi
    d. Pembangunan Jembatan Dusun Gondoruso
    e. Pengerasan Jalan
8 SENTOT SISUTOMO a. Pembangunan Plengsengan TPT Dusun Rembu Kidul
    b. Rehabilitasi Gapura Balai Desa
      c. Pengaspalan Jalan Dusun Japanan Kidul sampai Dusun Rembu Kidul
    d. Paving Dusun Rembu Kidul
    e. Pengaspalan Jalan Dusun Gondoruso
    f. Bedah Rumah 6 Dusun
9 HARIYANTO a. Pengecoran Jalan (Dsn. Gondoruso, Dsn. Rembu Lor, Dsn. Rembu Tengah, Dsn. Japanan Lor, Dsn. Japanan Kidul sampai Dsn. Rembu Kidul)
    b. Persertifikatan Tanah Pekarangan (Prona) (Dsn. Gondoruso, Dsn. Rembu Lor, Dsn. Rembu Tengah, Dsn. Japanan Lor, Dsn. Japanan Kidul ,Dsn. Rembu Kidul)
    c. Bedah Rumah
    d. Plesterisasi
    e. Rehabilitasi Gapura Balai Desa
    f. Pengerasan Jalan Usaha Tani
    g. Pengaspalan Jalan
    h. Plengsengan irigasi
    i. Rehabilitasi Gedung TK Tunas Harapan
    j. Penerangan Jalan Lingkungan
    k. Pembangunan Gedung Lumbung Pangan
    l. Pembuatan Jalan Baru Dusun Rembu Lor, dan Dusun Gondoruso)
Print Friendly, PDF & Email